Traffic website bisa didefinisikan sebagai jumlah orang yang mengunjungi sebuah
website, halaman yang mereka lihat, dan durasi saat pengunjung melihat atau
membaca halaman-halaman tersebut.
Kenapa Traffic Itu Penting?
Karena semua website butuh traffic. Ya, seberapa bagusnya website kamu, jika pengunjungnya sedikit, website dan bisnis yang kamu miliki akan terancam tenggelam di antara website lain di internet. Pada dasarnya, website yang memiliki traffic flow yang stabil lah yang dapat bertahan.
1. RISET KEYWORD
Apa yang harus Anda perhatikan dalam riset keyword ?
Pada umumnya terdapat empat komponen penting yang harus diperhatikan dalam
riset keyword, yaitu search volume, keyword difficulty, keyword suggestion, dan
SERP
-Search Volume
Search volume atau volume pencarian kata kunci adalah berapa banyak
sebuah kata kunci dicari di Google dalam kurun waktu tertentu. Biasanya
keyword tool akan menampilkan banyak pencarian keyword dalam satu bulan
terakhir.
-Keyword Difficulty
Keyword difficulty menunjukkan tingkat kesulitan sebuah kata kunci untuk
berada di halaman pertama hasil pencarian. Umumnya, keyword tool
menggunakan skala 0-100. Semakin besar angkanya, semakin sulit kata
kunci tersebut untuk meraih posisi pertama hasil pencarian.
Biasanya keyword difficulty juga memperlihatkan berapa backlink yang
dibutuhkan agar sebuah artikel bisa berada di halaman pertama hasil
pencarian. Semakin tinggi keyword difficulty, semakin banyak backlink
yang dibutuhkan.
-Keyword Suggestion
Keyword suggestion adalah saran kata kunci yang berkaitan dengan kata
kunci yang Anda cari. Misalnya, Anda melakukan riset keyword untuk kata
kunci “membuat blog”, keyword tool akan memberikan saran kata kunci
seperti “cara membuat blog”, “membuat blog gratis”, atau “membuat blog
mudah”.
-Search Engine Result Page
SERP menunjukkan laman-laman yang menduduki peringkat teratas dalam
hasil pencarian keyword yang Anda riset. Fungsinya adalah untuk melihat
seperti apa kualitas laman-laman yang bisa menduduki peringkat teratas
hasil pencarian Google.
2. Optimasi SEO Onpage
SEO Onpage adalah langkah optimasi meningkatkan kualitas konten agar
mudah dibaca dan dipahami pembaca website atau blog. Langkah optimasi on
page SEO terfokus pada faktor-faktor yang ada dalam konten. (Optimasi
Permalink , Judul konten, Heading & Sub Heading, Optimasi Image SEO,
Internal Link & Outbound Link, Kecepatan Website)
-Optimasi Permalink
Idealnya permalink cukup mengandung focus keyword yang Anda targetkan saja.
Misalnya :
Target katakunci : jam tangan pria
Permalink Ideal : www.websiteanda.com/jam-tangan-pria
Default WordPress : www.websiteanda.com/2019/05/judulartikel
-Judul Konten
Menurut Copyblogger, 8 dari 10 orang mengaku membaca judul sebelum
mengklik sebuah artikel dari hasil pencarian. Namun, hanya 2 dari 10
orang yang pada akhirnya benar-benar membaca artikel yang dibukanya.
Bagaimana membuat judul yang menarik?
Pertama, gunakan angka dan list. Orang-orang sangat menyukai judul
dengan angka dan listicle (list article). Misalnya, di judul artikel
situs freelancer menggunakan judul 10 Situs Freelancer Gratis Terbaik
Untuk Mencari Uang Tambahan.
Kedua, utarakan secara jelas apa yang Anda bahas di artikel. Misalnya,
topik yang akan Anda bahas adalah mengenai apa itu freelancer. Tulis
judul yang jelas seperti Pengertian Freelancer, Cara Kerja Hingga Tips
dan Trik Sebagai Freelancer. Dengan begitu calon pembaca blog bisa
mengetahui sekilas apa yang akan mereka dapatkan dari artikel Anda.
Ketiga, masukkan kata-kata sifat yang kuat di judul. Banyak kata sifat
yang bisa digunakan untuk judul tergantung topik apa yang akan dibahas.
Misalnya, karena artikel ini bertujuan untuk memandu pembaca
meningkatkan traffic website, saya menggunakan kata sifat “jitu”.
Artinya pembaca akan mendapatkan tips-tips yang benar-benar efektif dari
artikel ini. Anda bisa menggunakan terbaik, ampuh, efektif, atau kata
sifat lainnya. Misalnya Tips Jitu Menjadi Freelancer Sukses Bagi Pemula
-Heading & subheading
Untuk memudahkan pengunjung dalam membaca konten, Anda perlu membuat
struktur konten yang jelas dan mudah dipahami. Salah satu cara membuat
struktur konten yang mudah dipahami adalah dengan memanfaatkan heading
dan subheading. Heading dan subheading juga membantu mesin pencari untuk
memahami konten Anda
-Optimasi Image SEO
Tips :
1. Ukuran gambar tidak terlalu besar (kompress) jika bisa usahakan satu gambar tidak lebih dari 100KB.
2. Berikan nama file sesuai dengan focus keyword yang Anda targetkan.
Nama file yang sesuai dengan focus keyword bisa membantu gambar tersebut untuk muncul di Google Image
Search. (misal : format-website-terbaik.jpg)
3. Ubah alt text sesuai focus keyword.
Alt text atau alternative text berfungsi untuk membantu Google mengidentifikasi topik yang Anda bahas di konten.
Selain itu, alt text yang tepat juga memudahkan gambar untuk muncul di hasil pencarian gambar.
-Internal Link & outbound link
Internal link adalah link yang mengarah ke konten lain di website Anda.
Jenis tautan ini penting untuk memudahkan pembaca berpindah dari satu
konten ke konten lainnya di website Anda.
Outbound link berfungsi untuk menunjukkan bahwa konten yang Anda buat punya sumber yang kredibel.
-Kecepatan website
Tips :
1. Optimasi Ukuran Gambar
2. Aktifkan GZip Compression
3. Aktifkan Caching
4. Hapus Plugin Tak Terpakai
5. Gunakan Leverage Browser Caching
3. Optimasi SEO Offpage
SEO Offpage langkah optimasi elemen-elemen di luar website yang
mempengaruhi ranking di hasil pencarian. Langkah optimasi off page SEO
terfokus pada faktor-faktor yang ada diluar konten. (Link Building,
Listing Bisnis, Brand Mention di Media Online, Google Bisnisku, Review,
Share di Media Sosial)
-Link Building
Link building adalah cara untuk mendapatkan backlink dari website lain menuju website anda.
Jika ingin mendapatkan banyak pengunjung, maka anda harus menempati
posisi teratas di hasil pencarian. Supaya bisa mendapatkan rangking yang
baik maka anda butuh backlink.
Tips Link Building :
1. Isilah website kamu dengan artikel atau tips-tips yang bermanfaat
2. Share tips tersebut melalui forum-forum yang membahas topik tersebut, namun jangan spam
3. Aktiflah berkontribusi di komunitas online yang membahas topik tersebut
4. Jalin relasi dengan netizen lain yang sekiranya memiliki ketertarikan yang sama dengan topik tersebut
5. Aktif share dan menulis artikel diblog-blog atau website yang membahas topik tersebut.
-Lising Bisnis
Terdaftar di listing bisnis online juga akan membantu SEO off page Anda.
- Listing Bisnis TripAdvisor
- Listing Bisnis Zomato
- Listing Bisnis GrabFood
-Brand mention di media online
Dengan adanya brand mention, artinya media online tersebut sudah
familiar dengan bisnis Anda. Anda bisa menghubungi media online tersebut
dan meminta mereka untuk menambahkan link ke website Anda di artikel
mereka.
-Google bisnisku
Google Bisnisku adalah layanan listing bisnis gratis dari Google.Dengan
mendaftar Google Bisnisku, bisnis Anda akan semakin mudah muncul di
hasil pencarian lokal
-Review
Review mengenai produk dan bisnis Anda juga punya pengaruh cukup penting terhadap SEO off page.
Semakin positif review yang diberikan, semakin besar pula perannya terhadap SEO off page website Anda.
-Share ke medsos
Semakin banyak yang membagikan konten Anda di media sosial, semakin
besar pula kemungkinan untuk menjangkau orang-orang untuk membaca konten
Anda. Dengan begitu potensi konten Anda untuk dibicarakan, dibagikan
kembali, atau bahkan dirujuk di website/blog/media online semakin besar.
Oleh karena itu, share media sosial tetap penting untuk SEO off page
meskipun tidak secara langsung.
4. RAHASIA
1. Konsisten
2. Sabar
3. Berdoa
https://unpam.ac.id/
http://digimind.id/
https://babastudio.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar