Identity System
Tahukah Anda, perusahaan dengan desain Brand Identity yang baik kerap
menghasilkan keuntungan diatas rata-rata penghasilan perusahaan lainnya
mencapai hingga lebih dari 60%?
Jika Logo dianggap sebagai wajah perusahaan, Brand Identity merupakan
persona atau identitas sebuah perusahaan. Brand Identity pada dasarnya adalah
"bagaimana" sebuah bisnis ingin dilihat oleh publik yang bertujuan untuk
menyampaikan pesan dan citra perusahaan yang konsisten untuk meraih audiens
yang tepat.
Kunci utama dari desain Brand Identity adalah untuk memposisikan dan
mendiferensiasikan sebuah perusahaan dari pesaingnya. Desain Brand Identity
yang baik akan membangun kesan perusahaan yang positif dan profesional
terhadap audiensnya, bahkan terkadang dapat membuat sebuah perusahaan
menjadi ikon dan tak mudah terlupakan seperti Nike, IKEA, dan Starbucks.
Penyatuan aestetik dan strategi bisnis dalam sebuah desain Brand Identity dapat
memberikan dampak positif yang signifikan bagi sebuah perusahaan baik
terhadap segi marketing maupun sales.
Proses dalam mendesain Brand Identity biasanya dilakukan melalui tahap-tahap
berikut:
1. Riset dan analisis latar belakang, tujuan, produk/jasa, pasar, dan pesaing
perusahaan
2. Pengolahan desain berdasarkan hasil riset yang didapat
3. Penentuan dan penyampaian pesan yang konsisten melalui hasil desain
Desain Brand Identity yang berhasil akan memberikan pengaruh yang besar bagi
sebuah perusahaan dalam mencapai kesuksesan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar